MEDIA INFORMASI

PENYEBAB GIGI NYERI

 PENYEBAB GIGI NYERI


Nyeri pada gigi sangat lah tidak mengenakan karena akan sangat sekali mengganggu kita pada kegiatan kita seperti aktivitas sehari hari tidak bisa di lakukan dengan sempurna, bahkan konsentrasi pada kita akan buyar ketika sedang mengalami masalah tersebut, apalagi kegiatan makan dan istirahat kita.

bisanyanya kita menggunakan obat obat bebas di pasaran untuk mengurangi nyeri pada gigi kita yaitu dengan analgetik untuk mengatasi gejala tersebut.

nah kita akan membahas kenapa sih gigi kita bisa nyeri atau sakit apa penyebabnya dan apa yang harus kita lakukan? baca sampai selesai ya.

sakit gigi atau nyeri odontogentik gentik merupakan urutan ke dua dibanding nyeri kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi (afif,2005). di indonesia masih menjadi penyakit primadona dan semakin meningkat, hal ini kemungkinan di sebabkan karena kurangnya kesadaran dalam perawaan gigi atau menjaga kebersiahan gigi seperti sikat gigi sebelum tidur dan sesudah makan.

nyeri gigi  didefinisikan oleh ( mactado et.al .2014) sakit gigi merupakan suatu tanda karies pada gigi yang merupakan kesehatan masyarakat yang kronis sebab berdampak sosial karena merupakan indikasi indikator kebersihan mulut. sakit gigi atau nyeri gigi di sebabkan oleh aktifitas rangsang terhadap gigi, kimia dan rangsang thermal. atau bisa muncul secara spontan akibat peradangan hebat pada pulpa gigi.

renton, 2011 menyebutkan dalam kesehatan, gigi merespon rasa sakit karena kepekaan terhadap rangsang dingin ,panas stimulus manis atau fisik ( pada saat menggosok gigi atau pada saat menggunakan tusuk gigi) tau dengan adaya peradanganzat kimia.

PENYEBAB TERJADINYA SAKIT GIGI

1. Abses gigi atau infeksi pada gigi

abses yang terjadi pada pulpa dan peripekal yang menyebabkan terjadinya penumpukan nanah yang kemudian menyebar dari gigi yang sakit ke jaringan sekitar gigi yang sakit.

2. Pulpitis gigi atau gigi berlubang.

pulpitis merupakan peradangan pada jaringan pulpa yang dapat menimbulkan nyeri akibat ada reaksi toksin pada bakteri pada area nyeri.

3. Ginggivitis atau gusi bengkak

ginggivitis merupakan inflamasi pada bagian ginggiva marginal atau gusi yang mengalami peradangan.

4. Peridontitis

peridontitis merupakan peradangan pada jaringan periodontium yang lebih dalam yang merupakan lanjutan dari peradangan ginggiva.

nyeri gigi bisa dilakukan penanganan dengan cara swamedikasi atau dilakukan secara mandiri dengan obat yang berdedar bebas di apotik untuk mengatasi nyeri pada gigi misalnya pengunkan obat analgetik atau oba anti nyeri serta menjaga kebersihan ronggo mulut atau gigi.

namun jika nyeri tidak hilang selama 3 hari atau ada tambahan gejala lain seperti demam dan nyeri pada telinga segera hubungi dokter terdekat uantuk melakukan penanganan lebih lanjut.

demikian uraian singkat penyebab gigi nyeri dan macam penyebabnya semoga bisa bermanfaat.





Related : PENYEBAB GIGI NYERI

0 Komentar untuk "PENYEBAB GIGI NYERI"

tinggalkan pesan atau komentar ataupun saraan agar kami bisa menyajikan informasi lebih baik lagi bagi anda