MEDIA INFORMASI

MENGENAL TENTANG PERTANIAN DENGAN JENIS AQUAPONIK

MENGENAL TENTANG PERTANIAN DENGAN JENIS AQUAPONIK



Dalam terakhir ini dunia pertanian harus di tuntut untuk lebih maju jika memang tidak ingin tergerus oleh pangsa pasar asing karena mereka lebih maju dan modern dalam mengelola  sistem pertanian mereka.

sebut saja negara maju seperti jepang disana sudah di kembangan bagaimana cara menanam padi pada kondisi tanah yang minim bahkan mereka dapat menanam di dalam bangunan maupun di bawah bangunan dengan sistem rekayasa pertanian.

di negara jepang juga sudah sangat vaiatif sekali mereka bisa membuat buah menjadi lebih menarik seperti bua melon dalam berbagai bentuk bahkan buah semangka bisa mereka bentuk.

jika di jepang dengan menggunakan alat-alat modern dalam membantu tugas mereka mengelola lahan pertanian sehingga mengurangi pengeluaran untuk biaya produksi.

seharusnya di indonesia juga lebih maju dengan sistem pertanian yang ada karena wilayahnya indonesia adalah tropis yang sangat cocok sekali untuk pertania sebab menyediakan lahan yang luas air yang selalu tersedia dan tanah yang subur pula.

salah satu yang mungkin bisa di kembangkan dalam pertanian kita adalah aquaponik untuk mengatasi lahan yang semakin sempit, cuaca yang kurang kondusif karena di indonesia masih bertumpu pada cuaca. yang harusnya petani padi tidak di batasi panen setahun bisa lebih dari 3 kali dengan menggunakan metode ini.

mungkin dalam dunia pertanian masih jarang sekali kita dengar tentnang aquaponik untuk menanam padi, namun tidak menutup kemungkinan untuk di budidayakan menggunakan istema aquaponik.

dalam artikel ini mungkin saya akan sedikit memberi informasi untuk mengenal tentang pertaniam dengan jenis aquaponik sebelumnya yang sebelumnya lebih tenar di masyarakat dengan hidroponik.

aquaponik dan hidroponik hampir sama hanya pada sisi penutrisiannya yang berbeda.

jika hidropinik dengan nutrisi rekayasa yang di buat manusia kalo aquaponik itu menggunakan kotoran ikan dalam memberikan nutrisi pada tananaman, namun secara kerja dari aquaponik tidak berbeda dengan hidroponik.

sistem aquaponik menggunakan aliran air yang di hubungkan dengan kolam ikan ke paralon dan gelas gelas yang sudah di isi dengan tanah dan kompos untuk mengambil atau mengalirkan aliran dengan pompa air.

dalam penjelasan yang lebih rinci akan di ulas dalam tutorial membuah aquaponik lengkap



Related : MENGENAL TENTANG PERTANIAN DENGAN JENIS AQUAPONIK

0 Komentar untuk "MENGENAL TENTANG PERTANIAN DENGAN JENIS AQUAPONIK"

tinggalkan pesan atau komentar ataupun saraan agar kami bisa menyajikan informasi lebih baik lagi bagi anda