MEDIA INFORMASI

PENGERTIAN ASMA

ASMA BRONCHIAL



pengertian sendiri dari asma bermacam-macam namun pada intinya itu sama saja disini ada beberapa yang saya ambil pengertian dari beberapa ahli yang mengungkapkan definisi asma itu sendiri :

asama yaitu penyakit obstruksi jalan nafas dan dapat pulih de intermiten yang di tandai dengan penyempitan jalan nafas, sehingga mengakibatkan dispnue,batuk dan mengi.eksasebarsi akut terjadi dari beberapa menit sampai satu jam, serta bergantian dengan periode bebas gejala (mubarak 2005 ;98)

dalam defini lain di sebutkan bahwa :

asma  adalah suatu keadaan saluran jalan nafas mengalami penyempitan karena hiperaktifitas terhadap rangsangan tertentu, yang mngakibatkan peradangan. penyempitan ini besifat sementara (amin 2003 ; 40)

dari dua pengertian kita dapat ambil kesimpuan yang pada intinya pengertian asama itu 
sendiri ialah penyempitan jalan nafas yang di akibatkan hipersensifitas terhadap seseuatu yang mengakibatkan timbulnya gejala dispnue batuk dan terdapat suara nafas tambahan pada jalan nafas.

 asma juga memilik berbagai macam jenisnya menurut amin asama terdapat 2 jenis yakini

1. asma bronchial

yakni asma yang di akibatkan oleh alergen alergen tertentu karena hipersensifitas terhadap benda tersebut sebagi contoh alergi dengan bulu kucing, alergi dengan debu alergi dengan hawa dingin. pada asma ini biasanya muncul dengan tiba tiba setelah terpapaar dengan benda alergen yang di deritanya,

2. asma kardial

nah ini berbeda dengan bronchial berbedanya di faktor penyebebnya. asma ini diakibatkan oleh kelainan jantung itu sendiri, biasanya mengalami asma ini ketika malam hari dan ketika tidur  terdapat adanya sesak nafas yang begitu hebat.


adapun tanda gejala yang harus kita ketahui selain dengan adanya dipsnue dan batuk yaitu sebagai berikut:


  1. TAKIPNUE
  2. GELISAH
  3. DIAFORESIS
  4. NYERI ABDOMEN KARENA TERLIBAT OTOT ABDOMEN DALAM PERNAFASAN
  5. KELELAHAN
  6. TIDAK TOLERAN TERHADAP AKTIFITAS MISALNYA BERJALAN, BERBICARA
  7. SIONS SKUNDER
  8. GERAK RENTENSI KARBONDIOKSIDA
  9. SERANGAN SERING PADA 30 MENIT SAMPAI SATU JAM DAN DAPAT HILANG SECARA SPONTAN


jika salah satu diantara kita yang mengalami gejala seperti mengarah ke asma bawa secepatnya ke klinik atau rs terdekat untuk mendaptkan pertolongan atau memberikan bantuan pertama jika sebelumnya sudah mempunyai riwayat asma dengan memberikan obat yang telah di sediakan sebelumnya dari resp dokter yang di anjurkan.

Related : PENGERTIAN ASMA

0 Komentar untuk "PENGERTIAN ASMA"

tinggalkan pesan atau komentar ataupun saraan agar kami bisa menyajikan informasi lebih baik lagi bagi anda