MEDIA INFORMASI

PENYEBAB GIGI BERWARNA KUNING





Gigi merupakan salah satu daya tarik lawan jenis dan merupakan salah satu aset paling berharga bagi manusia , tanpa gigi pencernaan takan bisa sempurna.

Tapi bagaimana bila gigi kita mengalami masalah sangat lah berdampak pada kehidupan kita tentunya salah satunya menurunnya kepercayaaan diri.

Bagaimana tidak sesorang akan memandang kita pertama ayng di pandang adalah gigi, pada waktu kita berbicara pada waktu kita tersenyum.

Tidak hanya itu gigi sangan berpengaruh pada kesehatan kita, gigi yang sehat akan tamak lebih putih secara alami, tidak ada karang gigi, tidak ada perubahan warna gigi, tidak terdapat lubang pada gigi, jumlah gigi normal dan masih banyak lainnya karena di artikel ini saya tidak akan membahas tentang kesehatan gigi.

Dalam beberapa kasus pada sesorang yang mengalami perubahan warna gigi di dominasi oleh kaum adam.

Yang sering terjadi gigi kita akan berwarna pudar menguning, nah disini saya akan membahas faaktor faktor yang mempengaruhi perubahan warnagigi.

Nah faktor yang menyebabkan warna gigi di bagi menjadi 2 faktor intristik dan eksteristik

Nah berikut faktor faktornya fersi akhlis nurse

Perubahan warna akibat faktor intrinsik yang terjadi pada saat pembentukan struktur gigi antara lain:

1.     Gigi nonvital atau gigi mati akibat trauma,

 misalnya pernah jatuh atau terkena benda keras dapat menyebabkan gigi menjadi kehitaman. hal ini disebabkan oleh darah yang keluar dari pembuluh darah pulpa teroksidasi,

kemudian masuk ke saluran-saluran sangat kecil pada gigi yang disebut tubulus dentin yang akhirnya terjadi perubahan warna pada gigi.

2.      Obat tetrasiklin

pemakaian obat antibiotik tetrasiklin yang di konsumsi semasa dalam kandungan pada usia kehamilan ibu lebih dari empat bulan dimana molekul - molekul tetrasiklin dapat melewati barier plasenta yang dapat mengenai gigi susu yang sedang terbentuk, atau terjadi pada anak-anak berumur dibawah 8 tahun, dimana pada periode ini terjadi pembentukan mahkota gigi seri permanen.

Bila terkena obat ini selama proses pembentukan struktur gigi, maka akan menyebabkan gigi berubah warna menjadi coklat sampai abu-abu pada seluruh struktur gigi, tergantung seberapa parah efek yang terjadi akibat dari tetrasiklin tersebut berdasarkan pada jumlah, frekwensi, jenis tetrasiklin dan umur pasien saat meminum obat.

3.     Fluorosis,

dimana masuknya fluoride yang melebihi batas aman, kadar fluoride yang diperbolehkan adalah 800-1.000 ppm. Akan tetapi pada anak sebaiknya sekitar 200-300 ppm. Intake fluoride yang berlebihan saat pembentukan struktur gigi menyebabkan kerusakan struktur yang mengalami mineralisasi, terutama matriks email, yang akhirnya menjadi hipoplasia. Besar dan derajat perubahan warna selanjutnya biasanya bergantung pada derajat hipoplasia, yang pada gilirannya bergantung pada jumlah fluoride yang masuk saat proses pembentukan struktur gigi.

Perubahan warna gigi yang terjadi karena faktor ekstrinsik, antara lain:

           ·        Keadaan kebersihan mulut yang tidak baik.
            Perubahan warna pada gigi karena kebersihan mulut yang tidak baik dapat                  menyebabkan gigi berwarna hijau, jingga, kuning ataupun coklat.

          ·        Pengaruh makanan dan minuman, misalnya teh, kopi, pewarna makanan                       buatan, anggur, berri, dan lainnya.

           ·        Pengaruh rokok dan tembakau
           Menghasilkan warna coklat sampai hitam pada bagian leher gigi yang terjadi               secara perlahan dalam jangka waktu yang panjang. Distribusi dan perubahan               warna gigi yang terjadi tergantung pada tipe, jumlah dan lamanya kebiasaan                  merokok. 

   4. Bahan tambalan logam. Amalgam penyebab paling hebat karena elemen warna           gelap dapat mengubah dentin menjadi abu-abu gelap.



 nah itulah faktor faktor yang menyebabkan gigi berubah warna. nah mualai dari sekarang jaga ya kesehatan gigi agar kita bisa menikmati hari tua dengan seha




Related : PENYEBAB GIGI BERWARNA KUNING

0 Komentar untuk "PENYEBAB GIGI BERWARNA KUNING"

tinggalkan pesan atau komentar ataupun saraan agar kami bisa menyajikan informasi lebih baik lagi bagi anda