MEDIA INFORMASI

CARA MENCUCI DOT BAYI

Cara mencuci dot bayi







Mencuci botol bayi secara benar bisa membantu meminimalkan risiko perkembangan bakteri akibat residu susu. Di bawah ini langkah-langkah mencuci botol susu yang dianjurkan:
  1. Cuci tangan Anda dengan sabun secara saksam sebelum mencuci botol bayi.
  2. Cuci baskom dengan sabun cuci piring antibakteri, seperti , dan bilas di bawah air mengalir. Anda sebaiknya menyediakan satu baskom khusus untuk keperluan mencuci botol bayi agar tidak tercampur kotoran lain.
  3. Isi baskom dengan air suam-suam kuku dan tambahkan 1 sendok teh sabun cuci piring cair. Kocok air hingga berbuih. Pastikan baskom terisi air cukup banyak untuk merendam semua bagian botol susu.
  4. Lepas bagian-bagian botol susu dan masukkan semuanya ke baskom hingga terendam seluruhnya.
  5. Gunakan sikat khusus botol untuk membersihkan badan botol dan bagian dot untuk mengangkat residu susu dengan gerakan memutar. Tekan bagian dot hingga air sabun keluar melalui lubang dot untuk membersihkan susu yang mungkin terperangkap di lubang dot. Seperti halnya baskom, sediakan sikat botol khusus hanya untuk mencuci botol susu bayi, tidak untuk mencuci benda-benda lain.
  6. Bilas semua bagian botol di bawah air mengalir hingga tidak ada buih sabun tersisa.
  7. Tiriskan di rak botol bayi atau di atas lap bersih hingga kering.
Meskipun telah dicuci bersih, Anda dianjurkan membilas botol dengan air mendidih sebelum dipakai. Caranya, isi botol dengan air mendidih hingga seperempat penuh, pasang dotnya, lalu kocok-kocok selama 30 detik. Hati-hati ketika menuangkan air panas, arahkan lubang dot menjauhi Anda sehingga air panas yang memancar tidak mengenai Anda.
Tips tambahan:
Bilas botol dengan air segera setelah digunakan jika tidak bisa langsung dicuci. Proses pembilasan ini setidaknya mengangkat residu susu dari dinding botol dan dot sebelum residu mengering dan lebih sulit dibersihkan.

Cara mensterilkan botol susu


Botol susu baru perlu disterilkan sebelum digunakan untuk pertama kalinya karena botol sudah melalui perjalanan panjang dari pabrik hingga toko dan terpapar debu serta kotoran lain selama disimpan. Proses sterilisasi botol bayi tidak perlu dilakukan setiap kali botol selesai digunakan, biasanya cukup sekali pada botol yang baru dibeli. Di bawah ini petunjuk sterilisasi botol susu bayi di rumah:
  1. Isi baskom khusus dengan air mendidih. Pastikan air cukup untuk merendam seluruh bagian botol susu.
  2. Lepas semua bagian botol susu yang sudah dicuci bersih dan masukkan ke baskom berisi air panas dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Proses sterilisasi botol susu berlangsung selama perendaman ini.
  3. Angkat bagian-bagian botol susu dari air, gunakan penjepit yang sudah dicuci bersih jika air masih panas.
  4. Keringkan botol susu dan semua bagiannya di rak khusus botol susu atau di atas lap bersih.

Related : CARA MENCUCI DOT BAYI

0 Komentar untuk "CARA MENCUCI DOT BAYI"

tinggalkan pesan atau komentar ataupun saraan agar kami bisa menyajikan informasi lebih baik lagi bagi anda